Home Berita Internasional Social Distancing? Fenomena Bumi Menjauh dari Matahari

Social Distancing? Fenomena Bumi Menjauh dari Matahari

by admin

Social Distancing? Fenomena Bumi Menjauh dari Matahari

Matahari – Bumi, sebuah fenomena yang sedang santer diperbincangkan di WA grup ketika Bumi menjauh dari Matahari bukan karena sosial distancing, namun fenomena bernama Aphelion yang membuat Bumi jadi lebih dingin.

Akhir-akhir ini mungkin juga warga Bekasi mulai merasakan perubahan cuaca lebih sejuk, beratap langit kebiruan dengan sedikit awan. Pada ilmu astronomi kondisi seperti ini bisa di sebabkan bumi sedang menjauh (kondisi Aphelion) dengan sumber panas yaitu Matahari.

Fakta LAPAN – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional telah menyatakan pada Selasa (6/7), tepatnya pukul 05.27 WIB bahwa Bumi pada titik Aphelion.

Peneliti Pusat Sains dan Antariksa Lapan, Andi Pangerang memaparkan Fenomena Aphelion ini pada laman edukasi.sains.lapan.go.id.

Orbit Bumi berbentuk elips atau 1/60 kelonjongan, pada kondisi peredarannya terhadap Matahari, Bumi akan mengalami Aphelion ( titik menjauh dari matahari ) setiap bulan Juli dan Perihelion ( titik mendekat dari matahari ) setiap bulan Januari.

Rutinitas pergerakan benda langit ini terjadi setiap tahun, menjadi suatu hal yang wajar ketika kemunculannya menjadi fenomena, karena di barengi dengan perubahan suhu Bumi.

LAPAN melalui akun Instagram resminya, menyampaikan bahwa suhu dingin ketika pagi hari yang terjadi belakangan ini akan berlangsung hingga Agustus nanti.

Fenomena ini telah tersirat dalam Al-Qur’an, surah Yasin, ayat 40. Allah SWT berfirman: “Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malam pun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya.” (RAM)

Related Articles