Home Berita Nasional Aksi LAZ AL-KAHFI PEDULI Semeru

Aksi LAZ AL-KAHFI PEDULI Semeru

by admin

RADARCIKARANG.COM – Erupsi Gunung Semeru pada 4 Desember 2021 meninggalkan luka yang menganga. Guguran Awan Panas menerjang beberapa wilayah di Kabupaten Lumajang Jawa Timur. Tiga daerah terdampak paling parah adalah Kampung Renteng, Kamar Kajang dan Curah Kobokan. Tiga dusun itu berada di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Erupsi Semeru memakan korban jiwa, merusakkan rumah penduduk, dan memaksa warga sekitar untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Direktur LAZ AL-KAHFI PEDULI Wahid Aminudin mengatakan, pihaknya segera beraksi untuk membantu masyarakat terdampak Erupsi Semeru dengan menerjunkan relawan dalam dua gelombang. Relawan Al-Kahfi Peduli membangun Posko Peduli Bencana Semeru di dekat Balai Desa Sumberwuluh tersebut.

Dia melanjutkan, Relawan Al-Kahfi Peduli mengadakan dapur umum, memasak makanan untuk dibagikan kepada para pengungsi dan para relawan yang bertugas evakuasi pasca erupsi. Al-Kahfi juga membuat Posko Dapur Air yang menyediakan layanan gratis air minum, aneka kopi dan makanan seduh.

“Banyak relawan dan masyarakat yang mampir dan makan minum di Posko Al-Kahfi Peduli”, tambahnya.

Bukan hanya itu, Al-Kahfi juga membagikan paket sembako kepada masyarakat yang mengungsi ke rumah-rumah saudaranya yang lebih aman. Paket sembako juga dilengkapi dengan peralatan mandi dan peralatan dapur bagi keluarga yang membutuhkan.

“Kami memberikan peralatan dapur untuk keluarga almarhumah ‘Rumini’, muslimah yang viral, jenazahnya ditemukan meninggal tengah memeluk ibunya yang sakit. Bantuan kami berikan kepada suami dan anak kandungnya,” Wahid menceritakan.

Sampai dengan Ahad 19 Desember 2021 Posko Al-Kahfi Peduli masih berkatifitas dan akan melakukan program recovery dengan membangun kembali sebuah Mushollah yang rusak agar bisa digunakan kembali oleh masyarakat.

Mushollah yang akan dinamai Mushollah Al-Kahfi itu insya Allah akan selesai pembangunannya satu bulan mendatang. “Terima kasih kepada para donatur yang telah mempercayakan donasinya melalui LAZ AL-KAHFI PEDULI, Semoga Allah SWT memberikan pahala yang banyak dan memberikan keberkahan atas semua urusannya. Aamiin”, pungkas Wahid Aminudin dari lokasi Posko Al-Kahfi di Lumajang Jawa Timur.

Related Articles