Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita Lokal

PAUD Manba’ul Punya Strategi Hadapi Pandemi

658
×

PAUD Manba’ul Punya Strategi Hadapi Pandemi

Share this article
Example 468x60

Masa pandemi ini, hal yang paling berdampak adalah pendidikan. Baik itu pendidikan dari tingkat yang paling dasar hingga ke tahap universitas. Sudah banyak hal yang dijadikan keluh kesah para orangtua maupun siswa terhadap masa pandemi. Apalagi penghasilan, kebutuhan. Pembelajaran anak usia dini tentu nya bertujuan untuk membantu perkembangan setiap anak. Selama masa pandemi ini membuat sekolah harus ditutup, semua siswa harus belajar dirumah atau belajar secara dalam jaringan (Daring). PAUD Manba’ul Anwar mempunyai strateginya sendiri. Sabtu, (26/02/22).

Nah, bagaimana dengan Pembelajaran bagi anak usia dini. Walaupun harus belajar di rumah mereka tetap belajar, guna membantu perkembangan dan mempersiapkan ke jenjang pendidikan selanjutnya. Strategi pembelajaran PAUD yang di Laksanakan Oleh PAUD MANBA’UL ANWAR yang berada di Dusun Langseb 2, Desa Kertaraharja, Kec. Pedes, Kab. Karawang yang merupakan pola umum untuk membimbing, mendampingi, mengasuh, mengasah, dan memberikan kegiatan pembelajaran yang mampu membangkitkan potensi anak, untuk menghasilkan kompetensi dan keterampilan tertentu. Bagaimana strategi pembelajaran yang digunakan ketika masa pandemi Covid 19 ini?

Gunakan KUPON : DISKONQU (untuk mendapatkan diskon)
Example 300x600
Gunakan KUPON : DISKONQU (untuk mendapatkan diskon)

Agus Muharam selaku Kepala Sekolah PAUD Manba’ul Anwar memaparkan, sebagai upaya untuk menegakkan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di tengah Pandemi Covid-19, Kemendikbud telah mengatur kebijakan melalui Surat Edaran Nomor 4 tahun 2020 Kementerian Pendidikan yang berisikan beberapa hal yaitu:

  1. Pembelajaran dilakukan secara daring baik itu interaktif maupun non interaktif.

Dalam keadaan seperti ini sebagai pendidik juga harus mengikuti kurikulum. Maka pada saat situasi seperti ini kemendikbud mengeluarkan kurikulum darurat. Pembelajaran yang dilakukan pun tidak sama dengan cara pembelajaran disekolah akan tetapi mengikuti pembelajaran sesuai dengan keadaan rumah dan lingkungannya.

  1. Guru harus memberikan pendidikan kepada anak-anak tentang kecakapan hidup

Yakni pendidikan yang bersifat kontekstual sesuai kondisi rumah masing-masing, terutama pengertian tentang Covid-19, mengenai karakteristik, cara menghindarinya dan bagaimana cara agar seseorang tidak terjangkit.

  1. Pembelajaran dilakukan sesuai dengan minat anak.

Dengan begini pembelajaran tetap dilakukan agar anak tidak mudah bosan, pada hakikatnya anak usia dini adalah masa dimana anak suka bermain. Maka dari itu konsep belajar anak usia dini “Bermain Sambil Belajar” setiap permainannya mengandung makana yang membantu setiap perkembangan anak.

  1. Penilaian yang dilakukan seorang guru pada saat kedaan seperti ini.

Bukanlah penilaian yang dilakukan seperti anak yang langsung belajar disekolah melainkan menilai secara kualitatif yang sifatnya membantu dan memberi motivasi kepada setiap anak.

“Oleh karena ini Kegiatan Pembelajaran yang di Laksanakan oleh PAUD MANBA’UL ANWAR, dilaksanakan Secara daring dan luring dan tetap memegang teguh aturan pemerintah sesuai protokol kesehatan yang berlaku”, tambah ia.

Apalagi kita tahu kasus pandemi ini belum usai, ditambah dengan munculnya varian baru omicron yang menjadikan Kab. Karawang menaikan statusnya ke Level 3, pungkasnya.

Example 300x600
Example 120x600