Home Berita Lokal Menu Favorit Khas Bupati Karawang

Menu Favorit Khas Bupati Karawang

by Juang

RADARCIKARANG.COM – Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana ternyata jago masak. Dia memasak menu lebarannya sendiri layaknya seperti ibu-ibu lain. Di tengah kesibukannya dia memasak menu favoritnya yaitu ase tahu cabe gendot.

Seeprti dikutip dari halaman detik.com. “Kan saya asli Bandung, jadi ase tahu ini memang sudah menjadi menu keluarga yang dulu sering dibuat mamih di setiap Lebaran,” tutur teh Celli sapaan akrabnya.

Teh Celli menambahkan ase tahu cabe gendot merupakan makanan khas Jawa Barat. Beliau yang lahir di Bandung mengaku sering membuat masakan ini.

“Jadi seperti mirip sayur lodeh, terpenting itu tahu dan cabe gendot yang segar, kemudian diracik dengan kurang lebih 17 bumbu dan 4 cara pembuatan,” lanjut ia.

Teh Celli menjelaskan cara memasak dan bahan pembuatanya.

Cara Pembuatannya:

  1. Panaskan minyak goreng lalu tumis bumbu halus hingga wangi.
  2. Masukan daun salam serai dan lengkuas yg sdh di geprek kemudian tambahkan air tunggu hingga air mendidih setelah mendidih tambahkan tahu goreng.
  3. Tambahkan garam, kaldu bubuk, kecap manis, gula merah, dan terasi. Mmasak hingga kuah mengental. Terakhir masukan cabe gendot, aduk rata masak hingga cabe gendot layu. Cabe gendot juga bisa dipotong.
  4. Setelah semua bumbu meresap dan cabe matang, ase tahu cabe gendot siap itu disajikan.

Sama seperti ibu-ibu pada umumnya selain ase tahu cabe gendot, saya juga memasak rendang, opor ayam, kentang balado, nasi liwet, serta ketupat, tandasnya.

Related Articles