Home Berita Lokal Garam Herbal Sebagai Salah Satu Inovasi Produk Ekonomi Desa Muarabaru

Garam Herbal Sebagai Salah Satu Inovasi Produk Ekonomi Desa Muarabaru

by Juang

RADARCIKARANG.COM – Desa Muarabaru Kecamatan Cilamaya Wetan Kabupaten Karawang sangat menarik untuk dikembangkan, terutama potensi sumberdaya alamnya yang melimpah. Sehingga banyak potensi ekonomi yang patut dibenahi agar bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Desa, salah satunya adalah komoditas garam. Jumat, (10/6) kemarin.

Ketua BUNGKUGAR Suhari mengatakan, ada sekitar 12 Kelompok Usaha Garam Rakyat (KUGAR) yang tergabung dalam Gabungan Kelompok Usaha Garam Rakyat (BUNGKUGAR) di Desa Muarabaru.

“Jika dalam satu musim cuacanya mendukung, 130 orang petani garam yang tercatat dalam kelompok disini kurang lebih bisa menghasilkan garam 7.800 ton dengan rata-rata 60 ton per orang,” tutur ia.

Suhari juga meminta agar Pemerintah Daerah bisa membantu pihaknya untuk memaksimalkan potensi tersebut. Berangkat dari potensi tersebut PKK Desa Muarabaru bersama Patriot Desa melakukan inovasi produk garam menjadi Garam Pengharum Ruangan dan Garam Herbal, dimana garam ini berkhasiat untuk kesehatan terutama untuk detoksifikasi dan pengharum ruangan.

Sebagai langkah awal dari promosinya, produk inovasi ini diikutsertakan dalam kegiatan Gebyar PATEN yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang di Kecamatan Cilamaya Wetan pada tanggal 10 Juni 2022.

Harapannya, potensi garam yang ada di Desa Muarabaru bisa termanfaatkan secara maksimal dan petaninya semakin sejahtera, tutur Yeni selaku Ketua PKK Desa Muarabaru.

“Khususnya untuk garam herbal mudah-mudahan akses pasar ke depan bisa lebih luas,” tandasnya.

Penulis : Muhamad Luqman Nuryana

Related Articles