Example floating
Example floating
Example 728x250
ParlementariaPolitik

Bawaslu Kota Bekasi Gelar Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih

238
×

Bawaslu Kota Bekasi Gelar Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih

Share this article
Example 468x60

RADARCIKARANG.COM – Ketua Bawaslu Kota Bekasi, Choirunnisa Marzoeki menyatakan proses penyusunan daftar pemilih Pemilu 2024 cukup panjang. Dimulai dari Penyusunan Daftar Pemilih, Penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS), Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang akan ditetapkan pada 21 Juni 2023.

Sesuai dengan instruksi Nomor 4 tahun 2023 Tentang Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih yang dikeluarkan oleh Ketua Bawaslu RI maka Bawaslu Kota Bekasi pada Senin, (27/2/2023) melakukan patroli pengawasan dalam melaksanakan tugas pengawasan tahapan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih pada Pemilu 2024.

Gunakan KUPON : DISKONQU (untuk mendapatkan diskon)
Example 300x600
Gunakan KUPON : DISKONQU (untuk mendapatkan diskon)

Menurutnya, tahapan coklit data pemilih sudah berlangsung sejak 12 Februari dan akan berakhir 14 Maret 2023. Jumlah pemilih yang terbaru dari KPU Kota Bekasi saat ini sebanyak 1.835.967 dari 7.072 TPS yang tersebar di 12 Kecamatan dan 56 Kelurahan sekota Bekasi.

“Hak pilih kenapa perlu dilindungi, karena hak pilih warga dalam daftar pemilih yang terupdate dan terakurat menjadi pertaruhan kualitas perhelatan pemilu dan demokrasi di Indonesia khususnya di Kota Bekasi,” terangnya.

Daftar Pemilih juga menjadi dasar untuk menentukan tahapan berikutnya yaitu menentukan jumlah pengadaan logistik, jumlah TPS yang dibutuhkan pada penghitungan suara termasuk skema besaran kebutuhan anggaran pemilihan kedepan.

“Oleh karena itu, Bawaslu Kota Bekasi beserta Pengawas Kecamatan dan Pengawas kelurahan yang melakukan patroli pengawasan kawal hak pilih pada pagi ini ingin memastikan agar tidak terjadi; Pemilih yang sudah memenuhi syarat namun belum terfdatar dalam pemilih atau sebaliknya. Kemudian Pemilih yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) tetapi masih terdaftar dalam daftar pemilih,” pungkasnya. (Red)

Example 300x600
Example 120x600