Example floating
Example floating
Example 728x250
Pendidikan

Strategi Sekolah Swasta di Cikarang untuk Menjadi Sekolah Unggulan

713
×

Strategi Sekolah Swasta di Cikarang untuk Menjadi Sekolah Unggulan

Share this article
Example 468x60

Created by: Anastasya Tivani
Di era modern saat ini, baik di pedesaan maupun perkotaan, tersebar berbagai jenis sekolah. Apalagi dengan adanya program pemerintah saat ini, yang mengembangkan program wajib belajar 12 tahun, para orang tua akan mencari sekolah terbaik ataupun sekolah terfavorit untuk putra dan putrinya. Saat tahun pelajaran berakhir, sekolah akan mulai Bersiap untuk mengadakan penerimaan peserta didik baru. Bahkan, beberapa sekolah, khususnya sekolah swasta akan memulai penerimaan peserta didik baru untuk tahun berikutnya di awal tahun ajaran baru, misalnya di bulan September – Desember.

Setiap sekolah ataupun lembaga pendidikan lainnya dapat menerapkan beberapa strategi dalam mengembangkan sekolahnya, diantaranya adalah mereka menggunakan strategi produk diferensiasi. Strategi ini dapat berupa inovasi produk, pelayanan yang baik kepada siswa dan orang tua, serta meningkatkan brand image atau citra sekolah. Selain itu, sekolah juga dapat menerapkan strategi fokus yang berarti sekolah memberikan fokusnya dalam mengembangkan standar kompetensi kelulusan siswa yang merupakan outcomes dari sekolah itu sendiri, contohnya siswa dari sekolah ini mendapatkan prestasi akademik maupun non akademik. Adapun beberapa faktor dapat mempengaruhi strategi yang diterapkan dari sekolah antara lain kualitas sekolah, seberapa jauh pengembangan kurikulum dan karakter yang diberikan sekolah kepada siswanya, serta fasilitas sekolah dan biaya pendidikan yang diberikan.

Gunakan KUPON : DISKONQU (untuk mendapatkan diskon)
Example 300x600
Gunakan KUPON : DISKONQU (untuk mendapatkan diskon)

Untuk mengetahui efektivitas dari strategi yang telah dilakukan oleh sekolah, sekolah dapat melakukan survey kepuasan pelanggan. Survey ini dapat diberikan untuk siswa dan orang tuanya, untuk mengukur tingkat kepuasan mereka dan saran untuk mengembangkan sekolah pada tahun berikutnya. Sekolah juga dapat mengetahui tingkat keberhasilan mereka dari jumlah siswa, apakah jumlah siswa yang didapatkan setiap tahun pelajarannya sesuai dengan target yang telah ditetapkan dan mengalami peningkatan atau tidak.

Seiring dengan adanya perkembangan teknologi, menjadikan sekolah-sekolah saat ini menghadirkan konsep pendidikan yang baru. Hal ini juga membuat sekolah berlomba-lomba untuk menjadikan sekolahnya diminati oleh para pelajar dan orang tua. Berbagai strategi marketing atau promosi dilakukan untuk menarik minat peserta didik agar bersekolah di tempat mereka. Contohnya pada sekolah di area Cikarang, misalnya Sekolah Sariputra. Mereka menjadikan kualitas sebagai salah satu strategi mereka untuk memperkenalkan sekolahnya kepada masyarakat di Cikarang. Kualitas yang dimaksud pada hal ini adalah mereka menambahkan beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang berbeda agar anak dapat mengembangkan bakat dan minat mereka, seperti IT Club, Angklung dan Barongsai. Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler ini, para siswa diharapkan untuk dapat bersahabat dengan teknologi tetapi dengan tidak melupakan budaya yang ada. Sekolah Sariputra juga menerapkan pendidikan karakter yang mudah untuk diingat dalam kehidupan sehari-hari, yaitu 7S yang berarti senyum, sapa, salam, sopan, santun, sabar dan semangat. Hal-hal tersebut adalah sesuatu yang mendasar, namun bila diterapkan sejak dini, para siswa akan terbiasa untuk melakukannya.

Example 300x600
Example 120x600