Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaBerita NasionalPolitik

Panwaslu Cikarang Pusat Perkuat Langkah untuk Pastikan Ketersediaan dan Keamanan Logistik

311
×

Panwaslu Cikarang Pusat Perkuat Langkah untuk Pastikan Ketersediaan dan Keamanan Logistik

Share this article
Example 468x60

RADARCIKARANG.COM – Cikarang Pusat, 25 Januari 2024 – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Cikarang Pusat terus memperkuat langkah pengawasan, kali ini fokus pada tahapan logistik menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024. Dalam acara Press Release yang digelar di Sekretariat Panwaslu pada Kamis (25/01/2024), Ketua dan anggota Panwaslu bersama jajaran sekretariat menyampaikan informasi terkait pengawasan logistik yang kini tengah berlangsung.

Selain melakukan pengawasan terhadap masa kampanye, Panwaslu Kecamatan Cikarang Pusat juga turut aktif dalam mengawasi tahapan logistik Pemilu. Upaya ini sejalan dengan ketentuan Pasal 2 Perbawaslu 12 Tahun 2023 tentang Pengawasan Pengadaan dan Pendistribusian Perlengkapan Pemungutan Suara, Dukungan Perlengkapan Lainnya, dan Perlengkapan Pemungutan Suara Lainnya dalam Pemilihan Umum di wilayah kecamatan.

Gunakan KUPON : DISKONQU (untuk mendapatkan diskon)
Example 300x600
Gunakan KUPON : DISKONQU (untuk mendapatkan diskon)

Pengawasan logistik dianggap sangat penting untuk memastikan ketersediaan teknis dan infrastruktur pemilihan suara. Hal ini bertujuan agar prosedur pemberian suara dapat berjalan dengan lancar, aman, dan bebas dari manipulasi. Jenis logistik yang diperhatikan antara lain kotak suara, surat suara, tinta, bilik suara, segel, alat untuk memberi tanda pilihan, dan Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Metode pengawasan yang diterapkan mencakup pemetaan kerawanan dalam pendistribusian logistik. Panwaslu Kecamatan Cikarang Pusat secara aktif berkoordinasi dengan Panitia Pemungutan Suara (PPK) Kecamatan untuk menentukan titik rawan pendistribusian logistik, seperti akses geografis, kekurangan atau kelebihan surat suara, surat suara tertukar, ketepatan waktu, dan keamanan distribusi logistik.

Dalam pemetaan daerah rawan banjir sebagai antisipasi kerawanan logistik, hasil koordinasi dengan PPK Kecamatan Cikarang Pusat mencatat beberapa titik TPS yang rawan banjir, antara lain di Desa Jayamukti dan Pasirtanjung.

Panwaslu dan PPK Kecamatan Cikarang Pusat juga berkoordinasi dengan unsur Muspika (Musyawarah Perwakilan Kepala Desa) di wilayah kecamatan terkait tempat penyimpanan logistik. Kotak suara akan disimpan di Gedung UPTD Pertanian Kecamatan, sedangkan logistik lainnya akan ditempatkan di Kantor Sekretariat PPK dan Gedung Kecamatan Cikarang Pusat.

Gudang logistik KPU Kabupaten Bekasi, yang berada di wilayah Kecamatan Cikarang Timur, menjadi pusat penyimpanan logistik utama. Sementara itu, pendistribusian logistik ke kecamatan masih menunggu informasi resmi dari KPU Kabupaten Bekasi.

Penempatan logistik di tingkat desa juga sudah diatur dengan penempatan di aula desa dan ruangan yang representatif. Panwaslu Kecamatan Cikarang Pusat mengutamakan transparansi dan keamanan dalam setiap tahapan Pemilu demi terwujudnya proses pemilihan yang demokratis dan berkualitas.

Example 300x600
Example 120x600