Home Komuniti JBZ Kab. Bekasi bersama Mahasiswa President University Luncurkan Rumah Baca

JBZ Kab. Bekasi bersama Mahasiswa President University Luncurkan Rumah Baca

by admin

Peluncuran Rumah Baca di Yayasan Al-Fauzan diharapkan mampu meningkatkan minat baca anak-anak

Bekasi, 28 Maret 2022- Dilansir dari Sindonews.com, Asep Saefulloh, Kabid Data, Sarana, dan Pengendalian Mutu, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bekasi mengatakan pada tahun 2019 sekolah yang menyandang predikat standar nasional pendidikan yakni, 328 sekolah dari total 900 SD dan 162 SMP baik negeri maupun swasta di Kabupaten Bekasi. Di Kabupaten Bekasi sudah 30% yang memenuhi standar nasional. Meski demikian, mutu pendidikan di wilayahnya tetap menjadi prioritas pemerintah.

Dalam rangka mendukung program pemerintah Kabupaten Bekasi tersebut, Jabar Bergerak Zillenial Kabupaten Bekasi (JBZ Kab. Bekasi) bersama dengan beberapa mahasiswa Studi Ilmu Komunikasi President University telah meluncurkan Rumah Baca di Yayasan Al-Fauzan pada hari Minggu 27 Maret 2022, yang berlokasi di Kp. Kertasaba, Bojongmangu, Kec. Bojongmangu, Kab. Bekasi Prov. Jawa Barat.

Peluncuran Rumah Baca ini turut disahkan secara langsung oleh Amin, selaku pemilik Yayasan Al-Fauzan dan didampingi oleh Dana Wardana, Ketua RT setempat serta Enduy Abdullah, Wakil Ketua RT setempat. Acara dimulai dengan sambutan dari beberapa pihak yang terlibat seperti ketua pelaksana dari pihak JBZ Kab.Bekasi dan President University dan perwakilan dari Yayasan Al-Fauzan.

Pak Amin mengatakan sangat bersyukur dengan bantuan dari JBZ Kab. Bekasi bersama mahasiswa Studi Ilmu Komunikasi President University. “Alhamdulillah anak-anak ini bisa meminimalkan penggunaan hp apalagi dengan adanya buku-buku ini ya, neng. Kemudian, jangan sampai di sini saja. Ketika memberikan buku ke Bapak, langsung ditinggalkan begitu saja tapi Bapak minta dan berharap mahasiswa datang kesini lagi dan lihat bukunya sudah dibaca anak-anak atau belum? Jadi kata orang Sunda mah jangan culeos. Culeos itu ya begitu datang langsung ditinggalkan begitu saja. Kalau misalnya kekurangan buku ini, tolonglah sekiranya dibantu. Mudah-mudahan ada donasi-donasi yang lain masuk ke Bapak. Sekali lagi Bapak berterima kasih”, ujarnya Pak Amin.

Ada juga rangkaian kegiatan lainnya yang diikuti 29 anak-anak dari Yayasan Al-Fauzan, seperti bedah buku, pemaparan materi Ensiklopedia Literasi, pemaparan materi Self Awareness, pemaparan materi Pahlawanku, dan kegiatan prakarya.

Reza Aufa Rafiki selaku pengurus Yayasan Al-Fauzan berterima kasih atas kedatangan mahasiswa President University dan JBZ. Kab Bekasi. “Bisa dibilang minat baca anak-anak disini sudah cukup baik sejak adanya dulu program Hayu Diajar Bumi Pasundan dari JBZ Kab. Bekasi. Tapi satu kekurangan dari kami yaitu kekurangan bahan bacaan. Sehingga dengan diluncurkannya Rumah Baca sangat membantu program yang sedang berjalan di sini”, paparnya.

Sindi selaku mahasiswi President University berharap dengan adanya rumah baca dapat dijadikan sebagai wadah bagi anak-anak untuk menambah ilmu pengetahuan mereka. “Untuk saat ini kami meluncurkan Rumah Baca di Bojongmangu. Kedepannya kami akan mencoba ke daerah lain. Ketika program ini sukses di Bojongmangu maka kami akan beralih ke desa lainnya”, ungkapnya.

Kunjungi akun instagram @jbz_kabbekasi untuk mendapatkan informasi terbaru.

Related Articles